WAJIB MENINGGALKAN SHOLAT??
Posted By Roni Djamaloeddin on October 6, 2019
Diskusi khusus itu membahas kalimat yang penuh misteri :
“mendirikan sholat itu, wajibnya mengerjakan sama dengan wajibnya meninggalkan”.
Wajib mendirikan = wajib meninggalkan.
Lhaa….sama-sama wajibnya, untuk apa pilih yang sulit melakukannya?
Bukankah lebih enak dan lebih mudah meninggalkannya?
Sekilas argumen tersebut rasional. Namun bila dicermati dikaji ditafakkuri dari sisi yg sangat dalam, ia adalah argumen yg dangkal, polos dan tidak rasional.
_______201217–belajar olah nalar olah roh olah rasa nderek dan nyandar Guru (Kyai Tanjung Sulaiman Jatayu).
—————————————————————————————-
Pemahaman dan pengalaman dari belajar ngelmu hakekat, wajib tersebut memiliki dua makna sekaligus. Yakni wajib syareat dan wajib hakekat.
Wajib syareat adalah wajib melaksanakan sholat dalam sisi jasadiah. Raganya wajib melaksanakan sholat. Memenuhi syarat rukunnya, tertib membaca bacaan yg harus dibaca,…dst.
Sedang wajib hakekatnya adalah wajib mengingat-ingat (dzikir) Liidzatillah. Eling marang Ingsun. Assholatu lidzikrii, sholat adalah untuk mengingat-ingat AKU.
Jadi yg diingat-ingat dalam hati ketika sholat adalah AKU. Sehingga otomatis harus meninggalkan hal / perkara selain AKU (Isinya ngelmu Dzikir). Meninggalkan mengingat2 bacaannya. Meninggalkan wujud fisiknya.
Sebab wujud fisik sdh punya pekerjaan khusus. Yaitu tertibnya syarat rukun dan hal-hal lain semacam istikomah tumakninah.
Oleh karenannya, ancaman fawailun lil mushollin adalah bagi mereka yg melaksanakan sholat, tapi hatinya lupa hakekat sholat. Raganya sholat tapi hatinya lupa dzikir. Raganya sholat hatinya membaca atau mengingat-ingat bacaan atau tafsirnya. Sholat yg beginilah yang diancam neraka wail.
Permisalan sederhananya adalah ketika seorang abdi ingin menghadap Sang Raja. Maka si abdi tersebut mesti melalui pintu 1, 2, 3. Pada saat berjalan melalui pintu 1 2 3, itu adalah wajib. Maka pada saat itu pula wajib meninggalkan pintu tersebut, untuk bisa menghadap Sang Raja.
Jadi wajib berjalan melalui pintu 1 2 3, tapi juga wajib meninggalkan pintu tersebut. Andai berhenti di pintu, mengingat-ingat indahnya pintu, bahan2nya, bahasanya, apalagi mengagumi wajudnya, maka jelas tdk akan pernah sampai Sang Raja. Maka akan mendapat amarah sangat besar (fawailun).
—————————————————————————————
Contoh nyata panutan ummat manusia, yaa panutan kita, Beliau2 yg telah bisa ngambah menjalankan wajibnya sholat = wajibnya meninggalkan sholat, diantaranya ada Imam Ali.
Saat Beliau sholat, jasad menjalankan tertib rukunnya sholat, hati roh hingga rasa Beliau silem ing dzikir. Hingga saking dalam silemnya ing dzikir, sdh tdk merasakan sakit saat panah yg menancap diambil/dicabut dari kaki Beliau.
Contoh kedua adalah Panutan kita Sunan Bonang.
Saat jiwa raga Beliau menjalankan sholat, hati nurani roh dan rasa Beliau silem ing dzikir. Hingga saking silemnya, Beliau tdk mendengar lagi bonang (gamelan) Beliau ditabuh.
Sehingga Beliau memvonis diri “belum sholat”, bila saat sholat kok masih mendengar suara bonang Beliau dibunyikan.
Comments
Leave a Reply
Ket: Komentar anda akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum tampil di blog ini.